Senin, 31 Desember 2012

Mengenal Negara Bagian Alaska

Alaska adalah sebuah negara di Amerika Serikat, terletak di ujung barat laut dari benua Amerika Utara, dengan perbatasan internasional dengan Kanada ke timur, Samudra Arktik di utara, dan Samudera Pasifik di sebelah barat dan selatan, barat dengan Rusia lanjut melintasi Selat Bering. Alaska adalah negara terbesar di Amerika Serikat berdasarkan wilayah, yang paling padat penduduknya dan 4 yang paling padat penduduknya dari 50 Amerika Serikat. Sekitar setengah dari 731.449 Alaska penduduk tinggal di wilayah metropolitan Anchorage.

Alaska dibeli dari Rusia pada tanggal 30 Maret 1867, untuk $ 7.200.000 ($ 120 juta disesuaikan dengan inflasi) pada sekitar dua sen per acre ($ 4.74/km ²). Tanah mengalami perubahan administrasi sebelum menjadi wilayah (atau dimasukkan) terorganisasi pada 11 Mei, 1912, dan negara ke-49 dari AS pada tanggal 3 Januari 1959.

Nama "Alaska" (Аляска) sudah diperkenalkan pada masa penjajahan Rusia, ketika digunakan hanya untuk semenanjung dan berasal dari alaxsxaq Aleut, yang berarti "daratan" atau, lebih harfiah, "objek ke arah mana tindakan laut diarahkan ". Hal ini juga dikenal sebagai Alyeska," tanah besar ", kata aleut berasal dari akar yang sama.

Alaska memiliki garis pantai lebih lama dari semua negara bagian AS lainnya digabungkan. Ini adalah satu-satunya non-contiguous Negeri AS pada benua Amerika Utara,. Sekitar 500 mil (800 km) dari British Columbia (Canada) memisahkan Alaska dari negara bagian Washington. Alaska demikian merupakan eksklave dari Amerika Serikat, mungkin eksklave terbesar di dunia. Secara teknis bagian dari daratan Amerika Serikat, namun sering tidak termasuk dalam penggunaan sehari-hari, Alaska bukan bagian dari AS bersebelahan, sering disebut "Bawah 48" Ibukota, Juneau, terletak di daratan. Amerika Utara benua, namun tidak terhubung melalui jalan darat ke seluruh sistem jalan raya Amerika Utara.

Negara ini berbatasan dengan Wilayah Yukon dan British Columbia di Kanada, di sebelah timur, Teluk Alaska dan Samudra Pasifik bagian selatan, Laut Bering, Selat Bering, dan Laut Chukchi di sebelah barat dan Samudra Arktik di utara . Teritorial perairan Alaska sentuhan Rusia wilayah perairan di Selat Bering, sebagai Pulau Diomede Rusia Big dan Pulau Diomede Alaska kecil hanya 3 mil (4,8 km) terpisah. Dengan perpanjangan Kepulauan Aleutian ke belahan timur, secara teknis kedua negara barat dan timur di Amerika Serikat, serta juga menjadi bagian paling utara.

Alaska adalah negara terbesar di Amerika Serikat pada lahan di 586.412 mil persegi (1.518.800 km2), lebih dari dua kali ukuran Texas, negara bagian terbesar berikutnya. Alaska adalah lebih besar daripada semua tapi 18 negara berdaulat. Menghitung perairan teritorial, Alaska lebih besar dari daerah gabungan dari tiga negara terbesar berikutnya: Texas, California, dan Montana. Hal ini juga lebih besar dari area gabungan dari 22 negara bagian AS terkecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar