Senin, 31 Desember 2012

Alaska dibawah Teritori Amerika

Dimulai pada 1890-an dan peregangan di beberapa tempat untuk awal 1910-an, emas bergegas di Alaska dan Yukon Territory dekatnya membawa ribuan penambang dan pemukim ke Alaska. Alaska secara resmi dimasukkan sebagai wilayah terorganisir pada tahun 1912. Ibukota Alaska, yang telah di Sitka sampai 1906, dipindahkan ke utara Juneau, dan mulai terbentuk dengan konstruksi Mansion Gubernur Alaska pada tahun yang sama.

Selama Perang Dunia II, para Aleutian Islands Kampanye difokuskan pada tiga Kepulauan Aleutian luar - Attu, Agattu dan Kiska - yang diserang oleh tentara Jepang dan menduduki antara Juni 1942 dan Agustus 1943. Unalaska / Dutch Harbor menjadi basis signifikan bagi Angkatan Udara Amerika Serikat dan kapal selam Angkatan Laut.

AS Lend-Lease Program melibatkan terbang dari pesawat tempur Amerika melalui Kanada untuk Fairbanks dan dari situ Nome, pilot Soviet menguasai pesawat tersebut, mengangkut mereka untuk melawan invasi Jerman ke Uni Soviet. Pembangunan pangkalan militer memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan penduduk dari beberapa kota Alaska.

Kenegaraan untuk Alaska adalah penyebab penting James Wickersham di awal masa jabatannya sebagai delegasi kongres. Dekade kemudian, gerakan kenegaraan mendapatkan momentum nyata pertama setelah referendum teritorial tahun 1946. The Alaska Statehood Komite dan Konvensi Konstitusi Alaska akan segera menyusul. Pendukung kenegaraan juga menemukan diri mereka berjuang pertempuran besar melawan musuh politik, terutama di Kongres AS tetapi juga dalam Alaska. Kenegaraan telah disetujui oleh Kongres pada tanggal 7 Juli 1958. Alaska secara resmi menyatakan negara pada tanggal 3 Januari 1959.

Pada tanggal 27 April 1964, "Gempa Jumat Agung" besar menewaskan 133 orang dan menghancurkan beberapa desa dan bagian dari masyarakat pesisir yang besar, terutama oleh tsunami resultan dan tanah longsor. Itu adalah gempa paling kuat ketiga dalam catatan sejarah dunia, dengan moment magnitude sebesar 9,2. Itu lebih dari seribu kali lebih kuat dari gempa 1.989 San Francisco. Waktu hari (5:36 pm), waktu tahun dan lokasi pusat gempa semuanya dikutip sebagai faktor dalam berpotensi hemat ribuan nyawa, terutama di Anchorage.

Penemuan 1968 dari minyak di Prudhoe Bay dan penyelesaian tahun 1977 Trans-Alaska Pipeline menyebabkan booming minyak. Royalti pendapatan dari minyak telah didanai anggaran negara yang besar dari tahun 1980 dan seterusnya. Pada tahun yang sama, tidak kebetulan, Alaska mencabut pajak penghasilan negara nya. Pada tahun 1989, Exxon Valdez menabrak karang di Prince William Sound, tumpah 11.000.000 galon US (42.000 m3) minyak mentah lebih dari 1.100 mil (1.600 km) dari garis pantai. Hari ini, pertempuran antara filsafat pembangunan dan konservasi terlihat dalam perdebatan perdebatan atas pengeboran minyak di Suaka Margasatwa Nasional Arctic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar